Apa Yang Dimaksud Dengan Pengertian Metode Dakwah



Pengertian Metode Dakwah - Dari segi bahasa metode berasal dari dua kata yaitu “meta”  (melalui) dan “hodos” ( jalan, cara). Dengan demikian kita sanggup dapat  artikan bahwa metode yaitu cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Sumber yang lain menyebutkan bahwa metode berasal dari bahasa jerman methodica,yang artinya fatwa ihwal metode.  Dalam bahasa Yunani metode berasal dari kata methodos artinya jalan, yang dalam bahasa arab disebut Thariq. Metode berarti cara yang telah diatur dan melalui proses pemikiran untuk mencapai suatu maksud.

Adapun definisi dakwah secara terminologis, ada beberapa andal yang telah merumuskan istilah tersebut, diantaranya:

1. Syekh Ali Mahfuzh. Syeh Ali makhfuzh dalam kitabnya ”Hidayat al-Mursyidin” yang dikutip dari buku Manajemen Dakwah memperlihatkan definisi dakwah yaitu Mendorong (memotivasi) ummat manusia  melakukan kebaikan dan mengikuti petunjuk, serta memerintah mereka berbuat ma’ruf dan mencegah dari perbuatan munkar biar mereka memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

2. Toha Yahya Oemar. Beliau mendefinisikan dakwah yaitu mengajak insan dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk keselamatan dan kebahagiaan mereka dunia akhirat.

3.  Quraisy Shihab: Dakwah sebagai seruan atau permintaan kepada keinsafan, atau perjuangan mengubah situasi yang tidak baik kepada situasi yang lebih baik dan tepat baik terhadap eksklusif maupun masyarakat.

4. Amrullah Achmad: Amrullah Achmad dalam tulisannya Dakwah Islam dan Perubahan Sosial menyatakan bahwa pada hakeketnya dakwah Islam merupakan aktualisasi imani (teologis) yang dimanifestasikan dalam suatu sistem acara insan beriman dalam bidang kemasyarakatan yangdilaksanakan secara teratur untuk menghipnotis cara merasa, berfikir, bersikap dan bertindak insan pada dataran kenyataanindividual dan sosio-kultural dalam rangka mengusahakan terwujudnya fatwa Islam dalam semua segi kehidupan dengan memakai cara tertentu.

5. Saifudin Zuhri: Dakwah merupakan perjuangan aktif untuk menyebarkan dan menyebarluaskan agama. alasannya yaitu itu di dalam dakwah terkandung unsur sifat dan perilaku yang aktif, positif dan dinamis. Dikatakan dinamis alasannya yaitu dakwah memerlukan daya cipta, kreasi, inisiatif, fantasi, kongkrit, simpati, dan terus-menerus tanpa mengenal waktu, ruang dan keadaan.

Betapapun definisi-derinisi di atas terlihat dengan redaksi yang berbeda, namun sanggup disimpulkan bahwa esensi dakwah merupakan aktifitas dan upaya untuk mengubah manusia, baik individu maupun masyarakat dari situasi yang baik kepada situasi yang lebih baik.

Dari pendapat para pakar diatas mengenai pengertian metode dakwah sanggup diambil pengertian bahwa, metode dakwah yaitu cara-cara tertentu yang dilakukan oleh seorang da’i (komunikator) kepada mad’uuntuk mencapai suatu tujuan atas dasar pesan yang tersirat dan kasih sayang. Hal ini mengandung arti bahwa pendekatan dakwah harus bertumpu pada suatu pandangan  human oriented menempatkan penghargaan yang mulia atas diri manusia.

© 2023 ‧ Internet Jolne. All rights reserved.